Kamis, 15 Desember 2016


Pesona Pantai Tanjung Bayang Ujung Laut Makassar

Aktivitas nelayan dan masyarakat senada dan seirama dengan latar matahari terbenam yang dengan apik dan tajamnya melukiskan siluet mempesona. Itulah Tanjung Bayang, pantai indah nan cantik di Sulawesi Selatan.
Kota Makassar, Sulawesi Selatan memiliki banyak sekali pantai dengan karekter dan ciri khasnya masing-masing. Biru, putih, sederhana dan menenangkan, mungkin itulah yang dapat diungkapkan untuk melukiskan keindahan Pantai Tanjung Bayang. Pantai ini terletak di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Jika dari Kota Makassar, Pantai Tanjung Bayang berjarak kira-kira 4 km ke arah barat.
Pantai Tanjung Bayang adalah salah satu pantai favorit masyarakat Kota Makassar. Selain karena akses yang cukup dekat, pantai ini juga memberikan rasa nyaman dan tenang. Pantai Tanjung Bayang memberikan suasana yang sangat dirindukan oleh setiap pengujungnya. Angin, pasir, ombak yang silih berganti berdatangan ke tepi pantai dengan merdu yang sesekali mampu menggetarkan hati cukup untuk meregangkan urat saraf yang tegang dengan kesibukan dan hiruk piluk serta kesombongan kota.
Pasir pantai yang mengrahkan mata ke arah barat selalu menyuguhkan pemandangan sunset yang luar biasa indah. Saat sinar matahari yang tengah berada di barat bergulat dengan semua aktivitas para nelayan dan orang-orang yang ada di sekitar pantai, maka di saat itu juga akan dihasilkan siluet-siluet yang indah dan eksotis di mata.
Seperti di tempat wisata lainnya, di Tanjung Bayang juga akan ditemui berbagai fasilitas yang banyak disewakan oleh warga setempat. Mulai dari vila yang bisa menampung puluhan orang hingga fasilitas bermain air seperti banana boat yang bertarif Rp. 20.000 per orangnya untuk sekali naik. Untuk masuk ke kawasan itu, jika tidak membawa kendaraan pribadi maka tidak akan dikenai biaya masuk. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan pribadi seperti motor dikenakan biaya masuk Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000.
Untuk tarif sewa vila yang ditawarkan mulai dari Rp. 200.000 sampai Rp. 400.000. fasilitas yang ada dalam vila pun variatif. Seperti jumlah kamar mandi, kamar tidur, hingga ukuran dan luas vila itu. Vila yang ada pun berbeda-beda, mulai dari rumah panggung yang bahan kontruksinya dari kayu hingga vila yang di bangun dengan permanen berdinding tembok. Vila yang disewakan di tempat tersebut merupakan rumah milik warga setempat.
Sedangkan vila yang cukup untuk menampung 2 sampai 5 orang dipasang tarif Rp. 50.000 per harinya. Untuk ukuran yang relatif kecil tersebut biasanya banyak disewa oleh pendatang yang berprofesi sebagai penjual jajanan disetiap akhir pekan. Mereka kebanyakan datang sejak hari Sabtu siang dan menginap bersama dengan keluarganya di vila yang sekira berukuran 2x3 meter itu hingga hari Minggu sore.
Tanjung Bayang merupakan salah satu pilihan alternatif untuk tempat sekedar mengisi waktu luang, mencari kedamaian dan ketenangan atau untuk mengajak keluarga, teman, relasi kerja untuk menikmati keindahan panorama sunset di ujung laut Makassar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar